pengertian metode guru mengajar


Metode berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu (Ulih Bukit Karo-Karo, 1985:7). Guru adalah seorang yang ahli dan memiliki pengetahuan tentang mengajar (teaching is a knowledge), juga keterampilan (teaching is a skill) dan mengerti bahwa mengajar adalah juga suatu seni (teaching is an-art) (piet suhartein, 1994:30) selanjutnya mengajar diartikan sebagai sarana untuk mendidik, menyampaikan pesan-pesan didik.

Jadi metode guru mengajar adalah sebagian suatu cara atau jalan yang dilakukan guru dalam rangka proses kegiatan belajar-mengajar, sehingga individu yang diajar (dididik) akan dapat mencerna, menerima dan mampu mengembangkan bahan-bahan/ materi yang diajarkannya.

Sementara itu Sutomo (1993:155) juga mendefinisikan metode mengajar sebagai berikut:

Metode mengajar adalah sebagai alat untuk mencapai tujuan pengajaran yang ingin dicapai, sehingga semakin baik penggunaan metode mengajar semakin berhasillah pencapai tujuan, artinya apabila guru dapat memilih metode yang tepat yang disesuaikan dengan bahan pengajaran, murid, situasi kondisi, media pengajaran maka semakin berhasillah tujuan pengajaran yang ingin dicapai.

Berdasarkan beberapa pendapat diatas, namun pada prakteknya penggunaan metode mengajar yang dilakukan oleh guru nampak masing-masing guru tidaklah sama, untuk itu diharapkan guru dapat memilih metode yang manakah yang tepat untuk digunakan dalam proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan dengan dasar pertimbangan kelebihan dan kelemahannya.

Leave a comment