Motivasi Kerja Guru


Motivasi sangat erat hubungannya dengan perubahan tingkah laku manusia untuk menuju pada tujuan yang diinginkan.

James O Wihtaker yang dikuti oleh Wasty Sumanto (1990:193) menyatakan bahwa “motivasi adalah kondisi-kondisi atau keadaan yang mengaktifan, atau memberi dorongan atau kekuatan keadaan yang untuk bertingkah laku mencapai tujuan yang ditimbulkan oleh motivasi tersebut”. Pendapat ini menagaskan bahwa motivasi pada hakikatnya merupakan kecenderungan seseorang untuk meraih suatu keberhasilan dalam suatu kegiatan/ aktivitas.

Lebih lanjut Clelalland (1989:161), mengemukakan motivasi, dimana seseorang cenderung untuk berjuang mencapai sukses atau gagal”. Jadi fungsi motivasi pada tingkah laku itu adalah menggerakkan dan mengarahkan tingkah laku untuk mencapai tujuannya. Adanya tujuan yang hendak dicapai, mendorong untuk melakukan aktivitas tertentu, sehingga hasil dari aktivitas tersebut dapat memenuhi kebutuhannya. Sebagaimana seseorang memiliki kebutuhan untuk berprestasi, yaitu keinginan seseorang untuk selalu unggul dan menjadi yang terbaik.

Sumadi suryabrata (1982:12) menjelaskan bahwa, “motivasi merupakan kondisi psikologis yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu”. Jadi motivasi sebagai faktor yang diperbuat. Motivasi mempunyai peranan yang sangat penting bagi tingkah laku dalam mencapai tujuan. Untuk mengetahui motivasi perlu diketahui apa yang menjadi kebutuhan seseorang. Sebab tingkah laku yang berlatar belakang adanya kebutuhan, dan tujuan tingkah laku dikatakan berhasil apabila kebutuhan tersebut terpenuhi.

Menurut Abdul Hamid Mursi (1997:21). “motivasi adalah keadaan internal individu yang melahirkan kekuatan, kegairahan dan dinamika serta mengarahkan tingkah laku pada tujuan”. Pendapat tersebut menekankan bahwa motivasi sebagai alasan yang mendorong seseorang untuk berbuat.

Senada dengan pendapat di atas Mulia Nasution (1994:31) menyatakan bahwa “motivasi sebagai alat pembangkit, penguat, dan penggerak seorang karyawan yang diarahkan untuk mencapai tujuan dan hasil”.

Dari berbagai definisi yang dikemukakan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan motivasi adalah sebagai penguat atau kekuatan untuk mendorong seseorang dalam mencapai tujuan dan hasil.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: